Sebuah "Ode Buat Kota" Dari Bangkutaman


Dengan tempat dan suasana baru, band pop independen asal Yogyakarta, Bangkutaman hadir dan meramaikan dunia musik tanah air dengan album kedua yang bertajuk Ode Buat Kota.

Jakarta, 20 Agustus 2010- Band asal Kota Gudeg, Bangkutaman kembali ke dunia musik tanah air dengan album terbarunya. Band ini awalnya berdomisili di Yogyakarta sebelum akhirnya mereka hijrah ke Jakarta dan memulai karirnya di Ibukota ini. Bertajuk Ode Buat Kota, ini adalah album terbaru sekaligus kedua mereka setelah Love Among The Ruins, album perdana yang dirilis tahun 2003 oleh Blossom Records. Saat ini, Bangkutaman berada di bawah bendera Jangan Marah Records, perusahaan rekaman yang menaungi band-band seperti Efek Rumah Kaca dan Zeke Khaseli.

Terbentuk di Yogyakarta pada tahun 1999, Bangkutaman adalah band yang semua personilnya beranggotakan mahasiswa asal Jakarta yang tengah menempuh studi di kota gudeg ini. Mengalami beberapa kali pergantian personil sampai akhirnya mereka menemukan formasi solid-nya: J. Irwin [gitar], W. Nugroho [bas, vokal, harmonika], D. Eryanto [dram]. Oleh banyak komunitas musik di Yogyakarta, band ini awalnya dikenal dengan pergerakan bawah tanah-nya yang mungkin di akhir 1990-an saat itu tidak lazim dilakukan oleh sebuah band pop. Budaya ‘Do-It-Yourself’ [D-I-Y] yang erat dilakukan oleh komunitas punk lantas diadopsi band ini yang berbuah kepada sejumlah katalog rilisan awal yang semuanya diproduksi dan diedarkan sendiri.

Ode Buat Kota adalah hasil dari hijrah ketiga personilnya ke ibukota, Jakarta. Ketiganya lantas bertransformasi, dari tiga mahasiswa yang bergelut di lingkungan kampus dengan tugas kuliah, menjadi tiga manusia kantoran dihadapkan dengan lika liku kehidupan kota. Dari padatnya lalu lintas, masalah transportasi, kemiskinan, perilaku orang kota, serta beragam pernak pernik dan siasat hidup di kota. Bertiga, mereka ibarat tripod yang menopang kamera-ekspresi musik mereka-yang mencoba merekam apa yang mereka lihat, dengar dan rasakan, tentang kehidupan kota.

Ini lah Ode Buat Kota, sebuah dokumentasi terkini tentang kota dan Jakarta. Selamat menikmati.

Myspace: http://www.myspace.com/bangkutamanyk
CP: nuki nugroho 0817467511 | Yurski 081399241499

No comments