Interview with BottleSmoker


BottleSmoker band electro pop dari Bandung yang beranggotakan Angkuy dan Nobie ini. Sudah mengeluarkan 2 album dan 1 single, hebatnya album ini tidak diperjualbelikan namun di pasarkan secara net label dan semua orang bebas mendownloadnya. Band yang memulai turnya bukan di Indonesia melainkan di Negeri Malaysia sekarang sedang melakukan tour kembali dan sekarang bermain di A*Fest Piliphina.
Dan glitzside sedikit menginterview sebelum keberangkatan mereka ini.

Q1: Kalian Menyebut Musik Bottle Smoker ini apa?


A: Kalo menarik dari roots-nya, kami menyebutnya dengan istilah electro-pop dengan konsep bedroom music. Namun kami mencoba ber-eksplor dengan toy keyboard dan custom equipment lainnya dalam penulisan lagu, maka gak jarang musik kami akan terdengar sangat catchy dan child tone

Q2: .Dari Kedua Album kalian, kenapa dibebaskan untuk di Donwload dan secara Net label?


A: Dari awal kita terbentuk memang mempunyai visi yaitu saling berbagi (share) karya2 kita pada teman2 dekat, kita tidak ada niatan dan ambisi dalam membentuk sebuah band yang akan hidup dari musik, simple nya, kami cukup senang apabila musik dan karya kami didengar dan diapresiasi orang, itu pun sudah cukup bagi kami, ternyata impact dan efeknya di luar dugaan kita. Maka kita mencari cara untuk penyebaranya yg lebih luas dan mudah, maka ketemu lah dengan prinspi free music share dan kita udah jatuh cinta dengan prinsip ini. Dengan free music share ini kita tidak perlu memikirkan dan mengkhawatirkan soal profit dari penjualan album, tidak memikirkan dan pusing soal royalty yang didapat dari album toh emang kita cuma ingin berbagi, dan ternyata yang kita rasakan dengan berbagi gratis musik kami ini, kami mendapatkan royalty luar biasa yang ga bisa dibayar dan diganti dengan uang, royalty-nya itu adalah kenikmatan dan kepuasan yang sangat menggairahkan dalam bermusik. So we called, free + music + share = love

Q3: Menurut kalian penting tidak adanya lirik dalam sebuah lagu, karena hampir disemua lagu kalian ga ada liriknya? apa kalian hanya membuat lagu tanpa ada pesan didalamnya?


A: Lirik merupakan sebuah unsur penting dalam sebuah lagu, tapi nada dan instrumen tidak kalah pentingnya dalam sebuah musik,.mari kita bicarakan tentang musik, karena artian lagu dan musik itu berbeda pula dengan takaran tertentu, nah, mengapa kita tidak memakai lirik, secara eksplisit kita bisa saja beralasan bahwa sudah banyak karya yg menggunakan lirik dan itu sangat mujarab untuk pendengarnya agar cepat paham dan menyukai lagu itu. tapi, kita disini mempunyai basic ketertarikan akan musik2 instrumental, kami sering tersangkut pada sebuah karya yg instrumental tp mengapa karya tersebut begitu indah apabila disertai daya imajinasi dalam kepala si pendengarnya, misalnya kita mendengarkan alunan nada dalam sebuah soundtrack film, tak perlu lirik, hanya instrumen saja, dan biarkan nada2 tone tertentu berbunyi, tentunya para pendengarnya akan tau bahwa ,."wah,backsoundnya low gini, pantesan di gambarnya ada orang lg sedih jln sendirian di tengah hujan",.,nah kira2 seperti itu, jd kita ingin menggambarkan suasana dan isi hati kita tidak melalui lirik tapi melalui nada2.

Untuk pesan yg disampaikan kita kembalikan kepada si pendengarnya, karena melalui karya kita orang yg mendengarkan bebas berepresentasi tentang lagu kita, dan biarkan imajinasi mereka berjalan dan menentukan apa sih maksudnya karya kita ini, tentunya dengan benang merah yg kita rujuk dengan judul lagu kita,.,intinya biarkan pendengar bebas memaknai karya kita, maka kami anggap lirik penting hanya untuk menegaskan penyampaian pesan saja.

Q4: Bicara soal award apakah penting buat kalian untuk mendapatkannya?


A: Award merupakan suatu bukti atau tanda simbolis bahwa sesuatu yg berguna, brilliant, smart dan inovatif telah dilakukan sseorang. Nah, dalam konteks berguna dan inovatif bagi semua orang, walaupun kita tidak mendapatnkan award, tapi kita telah melakukan hal tersebut, itu sudah baik, tidak ada salahnya, peduli apa dgn award. Award diperlukan untuk memicu semangat agar yg lainya melakukan yg lebih bagus lagi dengan diketahui lebih luas. Dan secara gak langsung kami menganggap award itu penting dengan cara-cara tertentu untuk memberikan award-nya itu.


Q5: Kalian
kan bulan April nanti maen di A*Fest 2010, gimana caranya bisa maen disana?

Yah A*FEST 2010 ini memang merupakan ajang yang istimewa bagi kami, dimana di festival ini diikuti oleh band-band perwakilan dari beberapa Negara Asia, seperti Malaysia, Filipina, Jepang, Thailand, Singapore. Dan ini jadi motivasi kita juga untuk membuktikan perwakilan dari
Indonesia. Prosesnya sangat mengejutkan, berawal dari email yang kita dapat dari salah satu founder A*FEST, dan birokrasinya ga ribet, ga ada tawar menawar yang signifikan, yang jelas kita diajak maen disana untuk mewakili Indonesia, dan tanpa ragu ya kita jawab, “Okaaaaay! Siaaaap!” bhahaha


Q6: (Ini pertanyaan titipan dari Indra7 personilnya Media Distorsi) Software or Hardware?


A: Software sangat membantu dalam proses kreatif kami, tapi kami sangat mencintai hardware yang begitu mampu berinteraksi langsung dengan kami secara real! Bahkan bisa kami banting-banting, bhahaha.


Share/Bookmark

No comments