Deugalih & Folks - Earth (single)


Setelah bertahun-tahun ‘bersolo karier’ pasca Schizophones bubar/vakum, pada tahun 2010 Deu Galih resmi membentuk sebuah big-band bertalenta untuk mengakomodir arah musik folk yang sedang ia tuju.

Band tersebut bernama The Folks, hingga namanya digabung menjadi Deugalih & Folks. Anggota The Folks pun sembarangan orang, karena beberapa dari mereka adalah eksponen scene country-music Bandung.

Lalu satu diantaranya adalah dosen di fakultas tempat Deugalih dulu belajar. But when it comes to music, the ‘age barrier’ is totally broke…  Embrio Deugalih & The Folks sendiri sudah terlihat pada tahun 2007, ketika Deu Galih tampil untuk sebuah acara di Fakultas Sastra UNPAD.

Lagu “Earth [free]” merupakan lagu lawas dari Deu Galih yang ditulis pada tahun 1998. Pada tahun 2011, lagu tersebut diaransemen ulang dan direkam ulang, pula dijadikan debut-single dari Deugalih & Folks.

Beberapa nuansa berbeda terdengar di lagu “Earth”; mulai dari atmosfir Irlandia melalui permainan instrumen tin whistle flute dan snare drum di intro maupun outro lagu, sedikit nuansa ragga/psychedelia ala Led Zeppelin melalui gesekan biola, hingga nuansa 90’s US folk-rock/alternative kental ala Crash Test Dummies, Soul Asylum, Blind Melon, Temple of the Dog di bagian permainan gitarnya, hingga menjadikannya A GOOD SONG.

Earth adalah sebuah single-album yang akan menjembatani Deugalih & Folks untuk merilis their highly anticipated debut full-length / LP tahun depan. Jadi untuk sementara, nikmati dulu single “Earth” dari kelompok folk-rocker berbahaya asal Bandung ini!

Deugalih & Folks - Earth

No comments