''Kelahiran Kembali" Eyeliner


Album yang dirilis awal November 2009 ini adalah album kedua setelah yang pertama Trancesectional EP (Extended Play) rilis tahun 2006. Walaupun jika berdasarkan jumlah rilisan resmi yang masuk diskografi maka album ini adalah rilisan Eyeliner yang ke 4 setelah 01.Trancesectional EP (2006), 02.Hidup Yang tak Berarti Single (2009), dan 03.The Song EP (2009). Lain lagi jika kita mendefinisikan album adalah LP (Long Play) yang dapat juga diartikan Full Album atau album penuh maka Erathania adalah album pertama karena 3 rilisan sebelumnya 2 diantaranya adalah EP atau mini album dan satu diantaranya sebuah single.

Fase Trancesectional adalah sebuah fase ‘kelahiran kembali’ dari Eyeliner yang selama 7 tahun (1998-2005) ‘hanya’ menjadi sebuah band indie beraliran brit pop / brit rock yang pergi dari satu stage indie ke stage lainnya dengan modal meng-cover lagu-lagu Morissey, Shed Seven, Radiohead, Placebo dan lainnya tanpa menghasilkan karya baik single EP, apalagi LP (baca: lagu sendiri) walaupun Eyeliner sempat menggubah beberapa lagu tapi lagu-lagu tersebut menguap seiring berjalannya waktu.

Trancesectional merupakan tonggak revolusi Eyeliner dengan format baru (tanpa drummer dan bassist), mengusung jenis musik baru dengan eksperimentasi lebih luas, memasukkan suara-suara elektronik dan sequencer serta lirik-lirik spiritual sehingga cenderung menuju ke darkwave.

Jika Trancesectional adalah fase ‘kelahiran kembali’ maka Erathania adalah fase selanjutnya yaitu fase ‘pengukuhan’. Pengukuhan bahwa Eyeliner benar-benar mampu bertahan hidup dan terus berkarya.

Proses yang cukup lama juga merupakan adaptasi bagi perubahan masing-masing personil yang mulai sibuk dengan pekerjaan sampingannya. Selain itu juga, beberapa personil sudah mulai berkeluarga sehingga Erathania benar-benar merupakan adaptasi bagi Eyeliner.

Secara teknis proses recording Erathania dimulai sekitar Desember 2008 dan terus menerus secara bergerilya sampai April 2009, dilanjutkan proses mixing hingga September 2009.

Pemilihan kata ‘Erathania’ sebagai judul album pun sudah cukup lama, seperti Trancesectional, Erathania juga tidak memiliki arti secara definitif dari bahasa manapun juga, kami memaknai sendiri Erathania sebagai sebuah proses penyatuan ruh manusia dengan Tuhan (bercinta dengan Tuhan red.) ketika berada dalam kandungan.

More info:
www.reverbnation.com/eyeliner
www.facebook.com/eyeliner
www.myspace.com/eyelinersound
www.eyeliner.web.id

Vin: 02519422402

No comments