Gigs Review : Farewell Party Ultra Electronis



Wow, tidak ada yang bakal menyangka bahwa acara kecil-kecilan yang digelar untuk Ultra Electronis berlangsung dengan meriah, penuh kejutan, dan bisa dibilang berubah tidak menjadi acara kecil lagi. Ya, acara yang digelar di Orange Café Pleburan pada hari Jumat tanggal 16 Juli 2010 kemaren benar-benar berubah menjadi ajang pesta bagi penikmat musik Chip Tune dan Chip Tuners.

Ultra Electronis (Alam Setiawan) adalah musisi elektronik/chip tune yang berasal dari Balikpapan, Kalimantan Timur. Ultra Electronis dikenal sebgai satu-satunya Chip Tuners yang bisa memainkan musik elektronik dengan menggunakan Sony PSP (!). Kesulitan untuk mengembangkan musik elektronik di Kalimantan, Ultra Electronis kemudian memutuskan untuk stay di Semarang dikarenakan keinginannya untuk lebih mengembangkan musik electronik. Kedekatan Ultra Electronis dengan musisi-musisi elektronik di Semarang, telah menjadikan Ultra Electronis sebagai bagian dari keluarga besar musisi elektronik di Semarang.

Ketika Ultra Electronis menyatakan bahwa ia akan kembali ke Kalimantan, rekan-rekan musisi pun dengan penuh spontanitas membuatkan sebuah pesta perpisahan bagi Ultra Electronis. Acara ini pada awalnya hanya sebuah acara kecil sebagai bentuk solidaritas rekan-rekan musisi elektronik/chip tune. Akan tetapi, kabar tentang acara ini terdengar ke rekan-rekan yang berada di luar kota. Seluruh rekan-rekan musisi elektronik di Semarang pun dikejutkan dengan banyaknya dukungan dari band-band luar kota yang menyatakan mereka ingin berpartisipasi dalam acara tersebut. Ketika rekan-rekan di Semarang kebingungan bagaimana menghidupi mereka selama berada di Semarang nantinya, mereka menyatakan bahwa bersedia datang ke Semarang dengan biaya sendiri dan tidak mau menerima bayaran sama sekali karena mereka benar-benar ingin memberikan dukungan bagi Ultra Electronis (!). Wow!! Band-band dari luar kota tersebut antara lain Majemuk (Jakarta), Lovely New Guys (Bogor), Saving Private Gloria (Kudus), Electronical Destruction (Solo), 12 Insomnia (Salatiga), Chip Tonight (Salatiga), dan Bibir Merah Berdarah (Bogor).

Acara dimulai pukul 18.30 WIB, molor sekitar 1,5 jam dari jadwal semula dikarenakan ada beberapa rekan musisi yang sempat mengalami halangan di perjalanan mereka menuju venue. Acara pun dibuka dengan penampilan elektrodut dari Kerang Merah. Apa jadinya jika musik dangdut disuguhkan dengan menggunakan bumbu-bumbu suara aneh dari synthesizer? Jadi lah goyang patah-patah, goyang ngebor, dan goyang gergaji membuat suasana langsung memanas.


Dangdutronic dari Kerang Merah

Acara pun kemudian dilanjutkan dengan penampilan dari Electro Motion Field dan Chip Crackers. Penampilan mereka cukup menarik karena gadget yang mereka gunakan untuk bertempur, full of modification, gak kalah dengan hasil modif dari anak-anak klub motor (Lhoh??!!).
Penampilan dari Chiptonight juga cukup unik karena selalu mengigit HP di tiap-tiap lagunya. Gak takut keseleg apa yak??


Chiptonight, Please Don’t Eat my Phone

Setelah penampilan dari Chiptonight, giliran Ready to Go! yang mengajak pengunjung untuk headbang dengan musik beraliran NintendoCore-nya. Ups, tunggu dulu. Segarang-garangnya orang, selalu ada sisi manis nya. Termasuk ketika Dimas Evan, personil dari Rady to Go! dikejutkan dengan kejutan roti ulang tahun dari sang pacar. Wajahnya langsung memerah dan tersipu malu. Ihirr, happy b’day, Dim. Semoga sukses & selalu dalam lindungan-Nya.

Sekarang, giliran musisi dari luar kota yang beraksi. Penampilan apik dari Lovely New Guys mampu membuat pengunjung yang datang untuk sing along. Kalau ada yang bilang untuk menghasilkan sebuah musik yang megah harus menggunakan grand piano, di Chip Tune, itu adalah pengecualian. Lihat saja bagaimana Lovely New Guys membuat pengunjung untuk sing along dengan menggunakan pianonya.

Giliran 12 Insomnia on stage. Yup, sekali lagi ini adalah Chip Tune Party, bukan sebuah pertunjukan metal.
12 Insomnia
Mosh Pit Bukan Cuma untuk Metal Show



Acara pun berlanjut dengan penampilan dari Electrical Address. Band yang berada dibawah naungan Girez Records ini, benar-benar mampu membuat penonton untuk sing along ketika mereka mengcover lagu Justin Bieber dan singel mereka, When The Love’s Flipping mampu membuat lantai dansa bergoyang. They really Flip The Dance Floor dan membuat street team mereka, Best Friend Electrical Address bergoyang bersama dan sing along.



Suasana pun semakin memanas dengan penampilan yang enerjik dari Majemuk. Suasana juga semakin menggila dengan penampilan teatrikal dari Bibir Merah Berdarah (dan masih dalam chip tune party!!!).

Acara pun semakin meriah. Tahu dari Bibir Merah Berdarah dikejutkan dengan suguhan onion ring yang diberi lilinber bentuk angka satu oleh Rio dari Electrical Address. Lhoh??!! Ternyata ada lagi yang ulang tahun. Tahu dari Bibir Merah Berdarah berulang tahun (yang pertama??). Gini nich jadinya, makanan pun langsung habis disikat ama pengunjung. It’s a show time & (still) welcome to the mosh pit. Gak cuma pengunjung aja yang bisa moshing, yang ulang tahun pun juga ikutan moshing alias diarak muter-muter sama pengunjung, hohoho. Enjoy your B’Day, Brotha. Wish you all d’gudluckz.

Well, ini lah saat yang paling ditunggu-tunggu. ULTRA ELECTRONIS!!! Seluruh pendukung acara pun berkumpul ke depan panggung, berbaur dengan semua pengunjung & memberikan semangat kepada Ultra Electronis untuk terus berkarya dan mengembangkan musik elektronik/chip tune di Kalimantan. Tetap semangat, bro. Kami semua di sini mendukungmu.
“Terima kasih teman-teman semuanya. Saya tidak tahu harus berkata apa, saya benar-benar terharu dengan apa yang teman-teman lakukan semuanya. Terima kasih atas sharing-sharing ilmunya selama ini, semoga ilmu yang saya dapat dari kalian bisa saya pakai untuk mengembangkan musik elekronik/chip tune di Kalimantan. Terima kasih banyak”, kata Ultra Electronis dalam sambutannya.

Buat Ultra Electronis, kami semua mohon maaf kalo kita gak bisa memberikan apa-apa, kita cuma bisa memberikan dukungan untukmu. Terus berkarya, Ultra Electronis. Kami semua menunggu kabar kemajuan musik elektronis/chip tune dari Kalimantan. Stay in touch, brother. Jangan lupa undang kita semua kalo pas mantenan.


Bentuk Dukungan kepada Ultra Electronis
Berfoto bersama setelah acara selesai

More info about Ultra Electronis:
Ultra Electronis
085725798734
www.myspace.com/ultraelectronis

Brought to You by Girez Records

+———————————————-+

Girez Records

Jalan Cinde Raya no 30, Semarang 50256

+62 8 56 40 765 666

+62 8 9959 55 666

www.girezrecords.co.cc

www.myspace.com/girezrecords

www.facebook.com/girezrecords

www.twitter.com/girezrecords

girezrecords@yahoo.com
+———————————————-+

No comments