Sheila On 7 Buka Lembaran Baru dengan "Film Favorit"



Setelah penantian tiga tahun lebih, akhirnya Sheila on 7 membuka 2018 dengan single baru berjudul “Film Favorit” yang beredar pada 29 Januari 2018 di semua layanan digital. Selain merupakan karya baru pertama grup asal Yogyakarta tersebut sejak album Musim Yang Baik dilepas pada Desember 2014.

Membuat “Film Favorit” jadi istimewa adalah statusnya sebagai karya pertama Sheila on 7 yang dilepas secara independen di bawah label mereka sendiri, 507 Records.

“Ini salah satu langkah besar yang konkret dari Sheila On 7 untuk menjadi band indie,” kata bassis Sheila On 7, Adam Muhammad Subarkah, di situs resmi mereka.

“Film Favorit” sendiri adalah lagu ciptaan gitaris Eross Candra, yang terinspirasi kisah seorang teman dekat yang belum berhasil menemukan pasangan hidup. 

“Aku kayak kasih saran ke dia. Jadi sebenarnya maksud dari lagu itu, aku berharap kamu bisa berpikir dan bertindak seperti ini. Aku mengumpamakan aku adalah dia, supaya untuk anak-anak sekarang lebih relevan, lebih kena,” kata Eross.

Kenapa film yang dijadikan unsur pemikat di lagu ini? “Karena kalau aku lihat aksi heroik belakangan ini cuma ada di film,” menurut Eross, yang menyebut The Pursuit of Happiness sebagai salah satu film yang menginspirasi lagu ini.

“Dari mendengar demo Eross, aku langsung senang lagu ini.  Aku merasa lagu ini bisa jadi beda, dalam arti segar, lebih megah dan lebih lebar aransemennya,” kata vokalis Akhdiyat Duta Modjo.

Hal baru yang juga dipersembahkan “Film Favorit” ini adalah penggarapannya yang melibatkan music director untuk memperkaya dan mengarahkan proses rekaman, setelah Sheila on 7 sekian tahun terbiasa menangani rekaman sendiri. Setelah mempertimbangkan berbagai kandidat, akhirnya pilihan jatuh kepada Tomo Widayat dan Tama Wicitra.

Dua musisi dari Yogyakarta yang menggarap musik sebagai tim Tom & Tam Music Production dan pernah menangani rekaman untuk musisi-musisi seperti Seventeen, Shae dan Ghaitsa Kenang. Yang menonton pertunjukan Sheila on 7 juga akan familiar dengan Tomo yang mengiringi mereka pada gitar dan synthesizer sejak pertengahan 2016.

"Bagi Sheila on 7, Musim Yang Baik salah satu pencapaian tertinggi secara musikalitas, karena di umur kayak kami begini, kadang-kadang berpikirnya yang penting efisien dan maksudnya tersampaikan saja. Jadi mungkin pemikiran begitu yang bikin kurang imajinatif. Tapi dengan masuknya Tomo dan Tama, mereka bisa lebih berimajinasi lagi, yang anak-anak Sheila on 7 tidak akan kepikiran,” kata Eross.

Lagu "Film Favorit" ini juga sudah bisa direquest di radio-radio seluruh Indonesia. Sheila On 7 berharap lagu ini bakal menjadi lagu favorit pendengar Sheila on 7 baru maupun lama.

“Umpamanya single ini jalan dengan airplay di mana-mana, harapannya apa yang kami sudah mulai secara manajemen sendiri ikut jalan juga. Kami kayak bawa satu kereta penuh. Harapannya ketika kepalanya jalan, yang belakang ikut jalan semua. Rekamannya gampang, setelah rekaman roda lokomotifnya harus berputar semua,” kata Eross.

Yang pasti, “Film Favorit” hanyalah permulaan dari era baru Sheila on 7 ini. “Kami akan melihat responsnya, dan rencananya kami akan mengeluarkan single kedua dan ketiga, baru nanti muaranya adalah album,” menurut Adam.

No comments